13 Group Rock Dengan Penjualan Album Terbanyak Sepanjang Masa

13 Group Rock Dengan Penjualan Album Terbanyak Sepanjang Masa

276
0
SHARE

Rock Legacy – Musik rock telah member kontribusi penting bagi perkembangan musik di dunia. Rock dan rock n roll and roll sudah sejak tahun 1950-an di gemari oleh para anak muda pada masa itu. Beragam group band rock dan musisi – musisi rock lahir member warna tersendiri bagi perkembangan musik di dunia, berbagai karya musik seperti album, mini album dan single telah memperkaya khasanah musik rock dan industrinya. Brikut 13 group band / musisi / artis musik rock yang paling sukses dalam sejarah, berdasarkan penjualan albumnya di US :

THE BEATLES

The Beatles adalah group beraliran rock asal  Inggris beraliran rock, dibentuk di Liverpool pada tahun 1960, The Beatles adalah group band tersukses secara komersial di dunia. The Beatles beranggotakan : John Lennon (gitar ritemvokal), Paul McCartney (gitar bass, vokal), George Harrison (gitar, vokal), Ringo Starr (drum, vokal). Selain sukses di penjualan, The Beatles dipandang sebagai perwujudan ide – ide progresif, berpengaruh terhadap revolusi sosial budaya dekade 60-an.

LED ZEPPELIN

Led Zeppelin adalah group band rock yang juga berasal dari Inggris yang dibentuk bulan September 1968 dan dibubarkan setelah pemain drum John Bonham meninggal. Led Zeppelin terdiri dari Jimmy PageRobert PlantJohn Paul Jones, dan John Bonham. Musik Led Zeppelin dianggap sebagai cikal bakal munculnya band – band heavy metal di dunia.

THE EAGLES

The Eagles adalah grup musik rock asal Los AngelesCalifornia yang dibentuk pada tahun 1971 oleh Glenn FreyDon HenleyBernie Leadon, dan Randy Meisner. Mereka dikenal banyak mempunyai hits lagu dan salah satu contohnya adalah ‘Hotel California

PINK FLOYD

Pink Floyd adalah band progressive rock asal Inggris yang terkenal karena komposisi lagu – lagunya yang njelimet dan konsep manggungnya yang keren dan megah. Lirik lagu Pink Floyd sangat filosofis, desain kover albumnya juga sangat artistik dan Pink Floyd merupakan group band pertama yang pernah mengadakan konser di atas air.

AC/DC

AC/DC dibentuk di SydneyAustralia pada November 1973 guitarist Malcolm Young dan saudaranya Angus Young. Band ini telah menjual lebih dari 150 juta keping album di seluruh dunia. Album mereka dari tahun 1980Back in Black, terjual 42 juta keping di dunia (21 juta di Amerika Serikat saja). AC/DC memiliki dua vokalis yaitu “Bon Scott” (1974-1980) dan “Brian Johnson” (1980-sekarang), namun dua – duanya memiliki fans yang fanatik.

THE ROLLING STONES

The Rolling Stones  mulai terkenal sejak tahun 1960-an. The Rolling Stones dibentuk di London pada Januari 1963. Walaupun group legendaris yang mempunyai banyak lagu hits ini mengalami beberapa kali pergantian personil, namun formasi : Mick Jagger (Vokal, Harmonika), Keith Richards (Lead Gitar, Harmonika), Brian Jones (bass), Ron Wood (gitar dan Charlie Watts (drum) nampaknya adalah formasi yang paling dikenal oleh para fans nya di dunia . The Rolling Stones memiliki banyak hits lagu dan masih mempunyai banyak fans yang militan hingga sekarang.

AEROSMITH

Group rock beranggotakan Steven Tyler, Joe Perry, Brad Whitford, Joey Kramer dan Tom Hamilton ini merupakan group band yang sangat awet dan mempunyai pengalaman yang panjang di industri musik rock Amerika Serikat. Yang menarik dari Aerosmith adalah semakin usia group ini beranjak tua, semakin mereka mampu menciptakan karya lagu yang semakin sukses di pasaran.

METALLICA

Metallica didirikan pertama kali di Los Angeles Amerika Serikat. Perjalanan karir Metallica termasuk sangat istimewa karena group thrash yang di perkuat James Hetfield, Lars Ulrich, Kirk Hammet dan Robert Trujilo ini sangat cepat di terima di luar Amerika alias di eropa. Padahal buat sangat sulit buat band Amerika dan Eropa untuk menembus pasar mereka masing – masing. Metallica termasuk group band yang mempunyai masa karir yang panjang sampai saat ini.

VAN HALEN

Nama Van Halen  diambil dari nama keluarga dua bersaudara yang menjadi anggotanya yaitu gitaris Eddie Van Halen dan drummer Alex Van Halen. Group hard rock asal Amerika Serikat ini terkenal karena permainan gitar Eddie yang luar biasa dan penampilan panggung mereka yang selalu eksplosif. Van Halen adalah group band yang sering bergonta – ganti vokalis, tercatat David Lee Roth, Sammy Hagar dan Gary Cherone pernah memperkuat Van Halen di sektor vokal dan masing – masing vokalis mempunyai penggemar sendiri – sendiri.

FLEETWOOD MAC

Fleetwood Mac adalah band Inggris – Amerika yang dibentuk pada tahun 1967, di London. Band ini telah menjual lebih dari 100 juta album di seluruh dunia yang membuat mereka menjadi salah satu band terlaris sepanjang masa. Sepanjang karirnya group ini sering berganyi personil namun anggota yang sekarang masih aktif adalah Mick Fleetwood, John McVie, Christine McVie, Lindsey Buckingham dan Stevie Nicks.

U2

U2 adalah group rock asal Irlandia yang beranggotakan Bono alias Paul David Hewson (vokal dan gitar), The Edge alias David Howell Evans (gitar, piano, vokal dan bas), Adam Clayton (bas dan gitar) serta  Larry Mullen Jr (drum). Group musik ini terbentuk pada Tahun 1976 dan menjadi legend karena karya – karya nya yang bagus dan kegiatan personilnya dalam banyak kegiatan sosial sehingga U2 begitu di cintai banyak orang.

JOURNEY

Journey  Grup yang telah mengalami beberapa kali pergantian formasi ini adalah grup musik rock Amerika Serikat yang dibentuk tahun 1973 di San Francisco, California. Puncak kesuksesan komersial berlangsung dari akhir tahun 1970-an hingga awal tahun 1980-an. Selama berada di puncak sukses, Journey menghasilkan serangkaian lagu-lagu rock dan power ballad, Penjualan album-album mereka telah menghasilkan dua album emas, delapan album multiplatina, dan satu album piringan intan (termasuk 7 album multiplatina berturut-turut antara tahun 1978 dan 1987).

GUNS N ROSES

Guns N’ Roses (GNR) adalah kelompok musik hard rock dari Amerika Serikat yang berdiri pada tahun 1984 dan resmi pada Maret tahun 1985 . Anggota pendiri GNR adalah Axl Rose yang merupakan eks vokalis Hollywood Rose dan Tracii Guns yang juga eks gitaris L.A Guns. Grup yang didirikan di Los AngelesAmerika Serikat ini sempat berganti-ganti personel bahkan Tracii Guns pun hengkang dari grup ini. Kedepannya group ini sukses dengan Slash sebagai gitarisnya.

@fransiscus_eko

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY