2017 Adalah Tepat 40 Tahun Karir Solo Peter Gabriel

2017 Adalah Tepat 40 Tahun Karir Solo Peter Gabriel

178
0
SHARE

Rock Legacy – Peter Gabriel adalah vokalis dari group art rock / progressive rock GENESIS dari tahun 1966 sampai 1975, GENESIS era Peter Gabriel ditandai dengan penampilan panggung yang di lengkapi dengan teaterikal dengan durasi panjang lagu yang bisa mencapai 25 menit lebih. Peter Gabriel lahir di Chobham, Surrey, Inggris pada 13 Februari 1950 dengan nama Peter Brian Gabriel, ketika ia meninggalkan GENESIS pada tahun 1975 untuk berkarir solo, Phil Collins yang saat itu menjabat sebagai drummer GENESIS mengambil alih posisi vokal yang di tinggalkan Gabriel.

Sejak berkarir sebagai solois dari 1977-1982, Gabriel telah merilis empat album solo dan semuanya berjudul “Peter Gabriel”. Pada tahun 1986, ia merilis album bertitel “SO” yang terjual lebih dari lima juta eksemplar dan menelurkan hit single berjudul ‘Sledgehammer‘ dan ‘In Your Eyes’. Selanjutnya album “US” dirilis pada tahun 1992. Tidak hanya merilis album saja, pada sekitar tahun itu pun Gabriel sukses dalam mengerjakan scoring music untuk film ‘The Last Temptation Christ’.

Pada awal – awal  90’ an, Gabriel memang sangat aktif dalam kegiatan – kegiatan berbau politik dan kesenian, Gabriel bahkan ikut membantu membiayai komunitas ‘The World Of Music Arts And Dance Festival’ yang dikenal dengan nama WOMAD. Peter Gabriel mengalami evolusi kreatif bermusik yang sangat penting setelah meninggalkan GENESIS dan mulai bersolo karir. Album solo perdana Gabriel dirilis di toko – toko musik pada 25 Februari 1977 yang ternyata sangat mengejutkan para fans nya karena album tersebut agak menjauhi genre progressive rock yang biasa dia mainkan bersama GENESISI. Lagu – lagu di album perdananya itu mewakili jiwa teaterikal seorang Gabriel yang justru selama ini telah mempengaruhi teman – teman nya di GENESIS. Para fans Gabriel menyebut music yang di mainkan oleh Gabriel adalah musik rock tradisionil yang penuh menggambarkan ambisius pribadi Gabriel.

Dalam buku biografi yang ditulis Daryl Easlea, berjudul Daryl Easlea Without Frontiers : The Life and Music Of Peter Gabriel, perjalanan karir musikal Gabriel di pengaruhi oleh pengalaman – pengalaman yang dia raih di jalan, contohnya : Gabriel suka menyaksikan konser Bruce Springsteen di akhir tahun 1975, dampaknya dia seperti mendapat energy baru setelah menyaksikan konser tersebut, imajinasi kreatif nya sering dia dapat dari lingkungan sekitarnya dan kalau sudah semangat kreatifnya muncul seperti itu maka Gabriel akan memutuskan untuk masuk ke studio rekaman kembali untuk memulai membuat sketsa demo. Twitter : @fransiscus_eko – IG : @fransiscuseko19

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY