RAY WILSON Vokalis GENESIS Yang Sering Terlupakan

RAY WILSON Vokalis GENESIS Yang Sering Terlupakan

125
0
SHARE

Rock Legacy – RAY WILSON, adalah salah satu penyanyi / vokalis terbaik yang terkenal di industri musik Inggris dan sekitarnya, Classic Rock Magazine malah pernah mentahbiskan Ray sebagai vokalis terbaik pada akhir era 90’an. Tidak hanya di Inggris saja, nama Ray Wilson juga cukup terkenal di dunia sebagai penyanyi dan penulis lagu yang luar biasa, karismatik dan punya kemampuan yang baik sebagai seorang entertainer.

Ray Wilson sendiri sebenarnya lahir dan besar di Skotlandia dan sempat mendirikan band profesional pertamanya GUARANTEED PURE dengan saudaranya Steve di awal tahun sembilan puluhan, group in sempat merilis tiga album, dan melakukan banyak tur di seluruh Inggris dan Eropa. Pada tahun 1994 Ray bergabung dengan band STILTSKIN dan sempat merilis single perdana mereka berjudul “Inside” yang lumayan meraih kesuksesan hingga mencapai nomor satu di beberapa negara Eropa. Sampai saat ini lagu single bergenre rock tersebut masih digunakan sebagai anthem dari produk celana jeans legendaris merk “LEVI’S”.

Keberhasilan Ray Wilson bersama dengan yang group Stiltskin membuat group art rock / progressive dunia “GENESIS” tertarik untuk merekrutnya sebagai vokalis pengganti PHIL COLLINS yang mengundurkan diri pada tahun 1996. Sejak tahun 1996 sampai dengan 1999 Ray bergabung sebagai vokalis dan penulis lagu di group legendaris Genesis dan sempat merilis satu album berjudul “CALLING ALL STATIONS” dengan single hitsnya “CONGO” yang sampai detik ini masih merupakan album Genesis yang paling terlaris sepanjang karir Genesis. Tidak sampai disitu Ray Wilson dan Genesis juga sempat mengadakan tur eropa dan manggung di konser – konser besar seperti Rock am ring / Park Festival di tahun 1998 dan pada bulan Maret 2010 GENESIS dilantik ke dalam “Rock’n’Roll Hall of Fame” yang diakui sebagai salah satu band yang paling penting dan berpengaruh di dunia.

Di awal tahun 1999 Genesis vakum dari kegiatan manggung dan berkarya sehingga Ray Wilson harus kembali ke akar dan album “MILLIONAIRHEAD” dengan band barunya bernama CUT bersama dengan saudaranya, Steve, teman – teman band nya di Guaranteed Pure drummer NIR ZIDKYAHU, sang drummer Genesis di album Calling All Station. Pada tahun 2001 Ray Wilson memulai karir solonya dengan merilis album berjudul “CHANGE” pada tahun 2003, Ray sempat sukses mengadakan tur akustik konser dan tur albumnya ke seluruh Eropa plus didapuk menjadi bintang tamudi konsernya JOE JACKSON dan SAGA. Pada tahun 2004 album solo kedua Ray berjudul “THE NEXT BEST THING” dirilis ke pasar di ikuti dengan tur Eropa dan Amerika Tengah, serta melakukan tur bersama DOLORES O’ RIORDAN dari CRANBERRIES, dan ROGER HODGSON dari SUPERTRAMP. Ray juga berkolaborasi dengan DJ asal belanda ARMIN VAN BUUREN merekam single remix dari lagu karya nya yang berjudul “YET ANOTHER DAY“, lagu tersebut berhasil menjadi nomer 1 memuncaki  Dance Charts pada tahun 2005.

Pada akhir tahun 2006 Ray Wilson memutuskan untuk kembali ke group lamanya Stiltskin kembali dan kembali membuat album rock dengan judul “SHE” dilanjut dengan album live nya berjudul “PROPAGANDA MAN” di tahun 2008. Pada tahun 2009, Ray membuat proyek bernama GENESIS CLASSIC yang dibantu oleh 10 musisi dari seluruh Eropa, anggota band-nya Stilskin serta Berlin Symphony Ensemble. Genesis Classic adalah proyek Ray melakukan tur dengan membawakan materi lagu – lagu klasik dari Genesis. Hasilnya Ray behasil merekam live konser Genesis Classic dalam bentuk Triple CD dan DVD yang direkam di Poznan Philharmonic Hall, dirilis pada tahun 2011, menampilkan lagu-lagu Genesis klasik dari sudut pandang Ray plus lagu – lagu dari proyek solo Ray selama ini. Album live ini tercatat meraih kesuksesan di Polandia, Jerman, Rusia dan negara eropa lainnya.

Pada bulan September 2011 Ray Wilson dan Stiltskin merilis album studio baru berjudul ” UNFULFILLMENT “. Ray menulis lagu dan lirik di album yang melibatkan musik string orkestra ini bersama UWE METZLER dan PETER HOFF yang juga merupakan salah satu produser yang sukses menangani (Die Fantastischen Vier, Beth Hart, Lou Bega). Video klip untuk single “FIRST DAY OF CHANGE” di album baru ini diproduksi oleh perusahaan ternama Jerman “CAMELOT” di sutradarai oleh ROBERT BROELLOCHS (Xavier Naidoo, La Bouche, Mel C, Shaggy), sedangkan cameramen yang dilibatkan adalah Kameramen terkenal asal Inggris yaitu JOE DYER (Kylie Minogue, Take That, Bryan Adams dll).  Selanjutnya, pada musim semi tahun 2013, Ray merilis album solo barunya, “CHASING RAINBOWS” dan Sampai saat ini Ray masih eksis berkarya sambil menunggu janji dari MIKE RUTHERFORD, gitaris Genesis yang merekrutnya masuk Genesis dan menjanjikan kontrak 2 album Ray bersama Genesis yang faktanya baru melahirkan 1 album. Twitter : @fransiscus_eko – IG : @fransiscuseko19

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY